Makanan Khas Brebes

BREBESNESIA.COM- Makanan khas merupakan suatu ciri dari suatu daerah dan di Indonesia sendiri terdapat ratusan bahkan ribuan makanan khas dari setiap daerahnya. Kita harus bangga akan hal ini karena hanya ada di Indonesia yang memiliki makanan khas terbanyak daripada negara-negara lainnya. Kabupaten Brebes sendiri memiliki beraneka macam makanan khas yang sangat lezat untuk dinikmati. Kali ini Brebesnesia.com akan menejaskan beberapa makanan khas dari Brebes .

1. Telor Asin
Telor asin merupakan makanan khas dari Brebes yang sudah terkenal seluruh Indonesia. Telor asin sudah menjadi maskot dari Brebes dengan julukan Brebes sebagai kota “Telor Asin”. Telor asin merupakan olahan dari telor bebek yang di tambah bumbu sedemikian rupa sehingga menghasilkan telor asin yang nikmat. Dengan kemajuan teknologi dan keterampilan warga Brebes kini telor asin tidak hanya rebus saja tetapi sudah ada telor asin panggang, telor asin bakar dan telor asin dengan rasa-rasa. Untuk mendapatkan telor asin Brebes sendiri tidak sulit, di sepanjang jalan pantura Brebes banyak penjual telor asin dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 2.000 sampai dengan Rp 4.000 per butir tergantung telor asinnya.

Telor asin Brebes
Cara membuat telor asin secara sederhana :
  1. Campur abu gosok, batu bata merah yang sudah digiling halus, dan garam dengan perbandingan campuran 2:2:3.
  2. Aduk adonan tersebut sampai merata.
  3. Tambahkan air secukupnya ke dalam adonan sampai menjadi seperti pasta.
  4. Balurkan adonan tersebut ke telur bebek sampai terbungkus rapi, dengan ketebalan kira-kira adonan 1 cm. Simpan dalam ember atau panci kemudian diamkan.
  5.  Simpan telor asin selama 7-14 hari untuk kadar asin yang tidak berlebihan.
  6. Setelah disimpan buang lapisan adonan lalu cuci bersih , kemudian rebus
  7. Setelah matang, telor asin siap untuk dinikmati
2. Bandeng Bakar Lumpur

Bandeng lumpur bakar
Bandeng bakar lumpur merupakan salah satu makanan khas dari Brebes , makanan ini berbahan dasar dari bandeng yang di baluri lumpur lalu di bakar. Lumpur yang digunakan sebaiknya lumpur yang tidak terkontaminasi supaya hasilnya juga sesuai yang diinginkan. Khas dari makanan ini adalah rasa dari ikan bandeng lebih padat, gurih dan memiliki aroma khas tersendiri. Tips supaya bandeng lumpur jauh lebih nikmat yaitu pertama bandeng yang sudah dicuci bersih dibaluri dengan bumbu rempah-rempah lalu setelah itu bungkus daun pisang dan rebus. Setelah direbu buka bungkusan daun pisang lalu balur dengan lumpur kemudian bakar sampai matang. Makanan khas ini terdapat di rumah makan di sekitaran daerah Brebes dan sekitarnya yang menjual menu ikan, khususnya di daerah Pantai Randusanga. Untuk 1 porsi bandeng bakar lumpur harga berkisar dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 70.000

3. Rujak Belut

Rujak Belut Brebes
Rujak belut merupakan makanan khas Brebes dengan bahan dasar dari belut dan bumbu rujak yang pada dasarnya bahan-bahannya sama dengan rujak pada umumnya. Kono dengan makan rujak belut ini dapat menambah stamina gairah laki-laki. Rujak belut sendiri  penikmatnya bukan hanya warga Brebes saja namun daerah luar Brebes seperti tegal, cirebon bahkan menyukai makanan khas ini. Sebelum disajikan belut-belut dibersihkan dengan menggunakan abu gosok dan dicuci bersih berfungsi untuk menghilangkan cairan licin yang ada di tubuh belut. Setelah dibersihkan lalu belut dibaluri dengan bumbu dari kunyit, lengkuas, jahe dan garam. Diamkan selama 1-2 jam supaya bumbu meresap, setelah itu belu siap digoreng.
Setelah proses penggorengan belut diolah lagi dengan bumbu rujak menggunakan bahan-bahan kacang tanah, garam, terasi, lombok, bawang, tomat dan campuran jeruk keris. Harga untuk 1 porsi rujak belut mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000.

4. Kupat Blengong “Kupat Glabet”

Kupat Blengong Brebes
Kupat Blenong adalah makanan khas dari Brebes, Kupatnya sebenarnya hampir sama dengan kupat lainnya namun ada tambahan bumbu dari sate blengong yang bikin lebih nikmat. Nama kupat glabet karena bumbu dari kupat ini lebih kental dari kupat pada umumnya.  Sate blengong merupakan sate yang berasal dari hewan blengong, hewan blengong sendiri merupakan perkawinan antara Bebek (Pejantan) dengan mentok (Betina) yang merupakan hasil penemuan dari Brebes. Daging blengong memiliki tekstur yang lebih tebal dan berisi.
Sate blengong menggukanan tusukan terbuat dari bilahan bambu dan dibuat lebih panjang dari tusuk sate biasanya. Daging dari sate blengong dipotong memanjang dan tebal pada setiap potongan satenya. Satu porsi kupat glabet mempunyai harga yang terjangkau yaitu hanya Rp 8.000 sampai Rp 10.000 dan untuk satu tusuk sate blengong harganya mulai dari Rp 3.500. Untuk mendapatkan kupat blengong anda bisa datang ke alun-alun Brebes disana banyak penjual kupat blengong atau di daerah Islamic Center Brebes.

5. Nasi Lengko “Sega Lengko”
Nasi Lengko Brebes
Nasi lengko merupakan makanan sederhana yang cukup lezat terdiri dari satu jenis nasi yang kemudian dipadukan dengan berbagai macam lauk. Lauk yang terdapat pada nasi lengko yaitu tempe orek, toge, bumbu kacang, mentimun dan kerupuk dan untuk pelengkap biasanya ada gorengan tempe atau tahu. Nasi lengko harga sangat murah yaitu satu porsi hanya Rp 5.000 anda sudah bisa menikmati nasi lengko yang sangat lezat. Untuk nasi lengko Brebes yang terkenal lezat yaitu di daerah Pasarbatang dari alun-alun Brebes ke arah utara yaitu Nasi Lengko “Wari”.

Itu lah beberapa makanan khas Brebes dari ratusan makanan Brebes yang terbilang unik dan lezat. Dengan kita mengetahui makanan khas Brebes setidaknya kita bisa merekomendasikan teman kita dari luar Brebes untuk berkunjung ke Brebes dan berwisata kuliner di Brebes. Semoga informasi dari Brebesnesia bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Terima kasih.

Previous
Next Post »