Cakwe Pak Rus Jaya Brebes

Pak Rus Jaya

Cahkwe adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Cahkwe adalah dialek Hokkian yang berarti Hantu yang DigorengNama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini.  Cahkwe mulai populer pada zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei  yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui  Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok kemudian membuat 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui (Sumber Wikipedia) .
Chakwe atau dalam bahasa Indonesia cakwe merupakan makanan yang digemari dari anak-anak sampai orang dewasa yang terbuat dari bahan utama adonan tepung terigu dan dicampur dengan bahan lain kemudian dibentuk memanjang dan dipotong lalu digoreng, cakwe di Indonesia paling cocok di sajikan dengan saos sambal atau sambal kacang.
Berbicara cakwe di Brebes , kita pasti akan teringat dengan Cakwe Pak Rus Jaya yang sudah berjualan selama puluhan tahun. Pak Rus sapaan akrabnya merupakan pedagang cakwe yang berjualan cakwenya secara berkeliling di kota Brebes yaitu dari mulai Pasarbatang, Alun-Alun Brebes, Gamprit, Saditan, Gang Buntu dan daerah sekitar kota Brebes. Pak Rus juga sering berjualan di sekolah-sekolah dasar dari tahun 90an, sehingga saat ini pelanggan dari pak rus sudah banyak yang sudah berkeluarga dan punya anak. Cakwe yang dijual pak rus merupakan cakwe yang menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya sehingga kualitas dari dulu sampai sekarang tetap terjaga. Banyak pelanggan dari pak rus yang rela untuk mencari pak rus supaya bisa mengkonsumsi cakwe racikan pak rus.
Cakwe Pak Rus Jaya
Pak Rus merupakan pedagang yang rajin dan tekun sehingga sampai saat ini pun pelanggannya masih tetap setia membeli cakwenya. Beliau juga sangat taat dalam beribadah, setiap berjualan dan memasuki waktu sholat maka beliau akan berhenti berjualan dan menjalan ibadah sholat terlebih dahulu. Pak Rus tidak hanya mengejar duniawi tetapi akhirat pun beliau kejar, setiap bulan puasa beliau akan berhenti berdagang dan akan meluangkan banyak waktu untuk keluarganya tetapi beliau akan menabung terlebih dahulu untuk kebutuhan selama bulan puasa. Pak Rus juga dapat menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang kuliah , beliau merupakan sosok bapak yang sangat bertanggung jawab kepada keluarganya.
Cakwe pak rus terkenal dengan cakwenya yang enak dan lembut ketika dimakan, selain itu juga cakwe pak rus tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan yang terkenal adalah saos dengan bawang gorengnya yang menambah nikmatnya cakwe pak rus.
Gerobak pak rus dari dulu tidak banyak mengalami perubahan tetapi tetap awet untuk berjualan. Pak rus juga dari dulu sampe sekarang berjualan tidak menggunakan bahan bakar gas melainkan dengan minyak tanah untuk kompornya, mungkin ini salah satu yang membuat cakwe pak rus menjadi legendaris.
Cakwe Pak Rus Jaya
Banyak yang mengatakan kalau orang Brebes belum nyobain cakwe pak rus berarti belum lengkap jadi orang Brebesnya, karena memang cakwe pak rus jaya sudah melegenda dari dulu. Harapan dari para pelanggan pak rus semoga pak rus bisa diberi kesehatan dan dimudahkan rezekinya jadi para pelanggan bisa tetap menikmati lezatnya cakwe pak rus.
 Semoga dengan adanya berita ini bisa membawa kenangan para pelanggan dengan pak rus, dan semoga pak rus bisa membuka ruko sendiri dan berjualan tetap di satu tempat jadi mudah untuk mendapatkan cakwe pak rus.
Terus semangat ya pak rus jualannya.

Cakwe pak rus semakin jaya di Brebes. AMIN.
Bila ada yang ingin disampaikan bisa hubungi admin lewat email : Brebesnesia27@gmail.com
Previous
Next Post »