Brebes Ekspor Bawang Merah ke Thailand

Brebesnesia.com- Bawang merah sudah menjadi maskot dari dari Brebes, bawang merah Brebes memiliki rasa yang berbeda dari bawang merah tempat lainnya hal ini dipengaruhi kondisi alam Brebes yang sangat cocok untuk budidaya bawang merah terlebih lagi adanya angin kumbang yang membuat rasa bawang merah lebih enak. Selain rasanya yang enak bawang merah pasokan dari Brebes memiliki jumlah yang banyak sehingga menjadi salah satu daerah pemasok utama bawang merah di Indonesia. 

Sumber : Agribisnismsg3.com
Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada tanggal 18 agustus 2017 telah melepas 12 truk kontainer bawang merah berisi 300 ton dari Brebes. Bawang merah tersebut akan di kirim ke Thailand guna memenuhi kebutuhan bawang merah di Thailand. Ekspor tersebut dilakukan karena tahun ini produksi bawang merah di Indonesia mengalami surplus dan kebutuhan secara nasional sudah terpenuhi.

Amran Sulaiman mengucapkan terimakasih kepada petani karena sudah menjadi pahlawan pangan yang bertepatan dengan momentum hari kemerdekaan RI ke- 72. 

PT Bawang Merah Indonesia Sejahtera dari Brebes merupakan salah satu eksportir yang ditunjuk pemerintah untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke Thailand. Amran Sulaiman mengatakan bahwa target ekspor kali ini adalah 5.600 ton hingga akhir tahun. Beliau menambahkan bahwa saat ini fokus ke negara Thailand namun ke depannya akan dikirim ke negara Malaysia, Philipina, Singapura, Vietnam dan negara lainnya.


Saat ini Brebes menjadi salah satu pemasok utama dari program ekspor komoditas pertanian. Hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu pemicu semangat komoditas lain yang ada di Brebes supaya bisa menjual produknya sampai ke luar negeri.

Penulis : MSG


Previous
Next Post »