Pantai Randusanga Indah Brebes


BREBESNESIA.COM-Brebesnesia kali ini akan berbagi informasi mengenai tempat wisata di Brebes, tempat wisata tersebut adalah pantai yang menjadi andalan dari Kabupaten Brebes. Tempat wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan adalah pantai. Salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Brebes adalah Pantai Randusanga. Pantai ini terletak di Randusanga Kulon jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kabupaten Brebes dan berada sekitar 7 km di sebelah utara jalan pantura. Untuk menuju lokasi pantai bisa menggunakan mobil pribadi atau motor karena saat ini belum ada angkutan umum yang menuju ke sana.

Pintu masuk randusanga Brebes (Sumber: Google)

Sejarah
Pada awalnya pemerintah Kabupaten Brebes tidak begitu memperhatikan bahwa Pantai Randusanga merupakan pantai yang potensial untuk dijadikan tempat wisata. Namun seiring berjalannya waktu dan karena keindahan pemandangannya, sehingga membuat pantai ini selalu dibanjiri oleh wisatawan. Setelah melihat potensi dari Pantai Randusanga bahwa akan menjadi tempat wisata yang menguntungkan bagi banyak pihak, maka mulai dari tahun 2001 tempat wisata tersebut dibangun dan dikelola oleh Kantor Pariwisat Kabupaten Brebes dan terus dikembangkan sampai saat ini.
 
Pengunjung Randusanga Brebes
Keunikan Pantai Randusanga
Pantai Randusanga menawarkan beberapa daya tarik yang cukup menjanjikan bagi para wisatawan yang ini kesana. Selain menwarkan pemandangan pantai yang indah, tempat wisata ini sendiri terletak di kawasan perikanan yang cukup besar di Kabupaten Brebes. Sehingga tidak mengherankan sepanjang perjalanan menuju pantai ini wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan tambak-tambak dan payau berisi berbagai macam jenis ikan. Selama perjalanan menuju Pantai Randusanga juga mata wisatan akan dimanjakan dengan hamparan sawah yang berisi bawang merah yang terbentang luas. Pemandangan indah dan alami tersebut hanya dapat wisatawan temui di Kabupaten Brebes. Namun para wisatawan juga harus berhati-hati dan jangan lupa untuk menutup hidung ketika melewati kawasan peternakan bebek karena bau kotorannya yang cukup menyengat. Hal ini cukup mengganggu tapi maklum lah kan Brebes sendiri merupakan sentral dari telor asin jadi secara tidak langsung banyak peternakan bebek di daerah Brebes.

Baca juga : Wisata Ranto Canyon Brebes
Sunset di Randusanga Brebes
Fasilitas
Di daerah Pantai Randusanga wisatawan dapat bermain air dan pasir di pantai, menyewa ban untuk menjadi pelampung ke pengelola pantai, bersantai di pantai,atau berjalan-jalan mencari hewan-hewan pantai. Fasilitas yang berada di Pantai Randusanga adalah fasilitas mainan anak, anjungan, arena bapal motor, waterboom, camping ground, kolam becak air, bangunan pendopo, fasilitas mushola, toilet, fasilitas perdagangan, panggung hiburan dan lain sebagainya.
Pondokan Kecil
Podokan terapung ditengah tambak ikan
Setelah capek bermain dipantai, para wisatawan dapat beristirahat di gazebo yang telah disediakan. Di Pantai Randusanga sendiri banyak restoran yang menghidangkan seafood sebagai makan utamanya. Menu-menu yang ada di restoran tersebut adalah ikan bakar, cumi-cumi, rajungan, kepiting dan juga udang. Selain di dalam pantai terdapat juga restoran apung di luar Pantai Randusanga tepatnya sebelum pintu masuk Pantai Randusanga, di sini menyajikan makanan seafood dengan sensasi makan di tempat terapung. Untuk masalah harga jangan khawati karena harga cukup terjangkau dan rasa dari makanan khas Brebes terkenal lezat.
Makanan andalan Randusanga Brebes
Apabila sudah puas main di Pantai Randusanga Brebes jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Brebes yaitu Bawang Merah dan Telor asin , bisa dibeli langsung dari produsen telor asin dan pembudidaya bawang merah Brebes. Lokasinya dekat dengan jalan pantura nama daerahnya Limbangan sebelum keluar ke arah jalan pantura akan ditemui banyak penjual oleh-oleh dengan harga terjangkau dan rasa yang sudah terbukti.

Baik sekian informasi dari Brebesnesia mengenai Pantai Randusanga Brebes dengan keunikannya sendiri. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Penulis artikel : Dinda Amalia Pratiwi

#Brebesnesia #DolanBrebes
Follow instagram : Brebesnesia
Twitter : Brebesnesia27
Facebook : Brebesnesia



Previous
Next Post »