7 Kata Khas Brebes



Para pembaca Brebesnesia,, 
Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi sehari-hari antar manusia, namun ternyata dibalik bahasa-bahasa yang ada setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri, seperti Brebes. Kali ini kami dari Brebesnesia akan sharing mengenai keunikan bahasa di Brebes, yang kami pilih menjadi 7 Kata Khas Brebes yang cuma ada di daerah Brebes dan sekitar.
7 Kata Khas Brebes.

1. LOKEN 
Loken = Masa ?
Merupakan sebuah kata yang mengungkapkan ketidakyakinan terhadap seseorang atau suatu hal yang diucapkan oleh lawan jenis. Kata "Loken" Sendiri hampir sama dengan pernyata "masa ?". Merupakan sebuah kata tanya atas keraguan seseorang terhadap suatu hal. Loken banyak digunakan sehari hari oleh warga Brebes dan sekitar. 

2.BAGJANE
Bagjane merupakan sebuah kata yang memiliki arti kita sudah bersusah payah melakukan suatu hal. Bagjane apabila dalam bahasa Indonesia hampir sama dengan "Sudah dibela-belain". Misal "Sudah dibela-belain datang tepat waktu ternyata acara batal" kalau dalam bahasa Brebes "Bagjane tekane tepat waktu tapi acarane malah batal".

3.DONGEN
Dongen = Seharusnya
Dongen merupakan sebuah kata penegasan kata yang hampir sama artinya dengan seharusnya. Kata "Dongen" mengisyarakan tentang sesuatu yang semestinya didahulukan. Misal seperti "Dongen mene ndisit tembe mangkat sekolah"  kalau dalam bahasa Indonesia "Seharusnya ke sini dulu baru berangkat sekolah".

4. SUNGKAN
Sungkan memiliki arti ketidakmauan seseorang melakukan suatu hal. Dalam bahasa Indonesia sepertinya belum ada yang tepat untuk menggantikan kata sungkan tetapi hampir sama dengan kata "malas" apabila seseorang disuruh melakukan sesuatu namun tidak mau.
Apabalia di beri imbuhan -an maka menjadi "Sungkanan" akan memiliki arti seseorang yang pemalas.

5. KAYA KUWE
Kaya Kuwe = Seperti itu
Kaya kaya kuwe apabila dalam bahasa Indonesia memiliki arti Seperti Itu. Kaya = Seperti dan Kuwe = Itu. Kaya kuwe merupakan kata yang sering digunakan warga Brebes dan sekitarnya untuk menunjukan sesuatu hal kepada seseorang.


6. NGGUGU
Nggugu = Percaya
Nggugu dalam bahasa Indonesia artinya percaya. Kata "Nggugu" Sering digunakan warga Brebes dalam bahasa sehari-harinya. 

7. SUNG
Sung merupakan kata yang memiliki arti untuk menegaskan suatu hal kepada seseorang. Kata "Sung" dalam bahasa Indonesia hampir sama dengan kata "Beneran". Warga Brebes dan sekitarnya sering menggunakan kata sung apabila lawan bicaranya kurang percaya ata kurang yakin terhadap suatu hal maka dia akan mengucapkan kata "Sung".Misal dalam bahasa indonesia "Beneran, saya tidak bohong" apabila dalam bahasa Brebes " Sung, enyong ora goroh". Kurang lebih seperti itu.


Diatas merupakan 7 Kata Khas Brebes dari ratusan bahkan ribuan kata khas Brebes dan sekitarnya yang belum tentu di daerah lain ada. Lestarikan terus bahasa Brebes untuk tetap menjad keberadaanya. Kalau bukan kita sebagai warga Brebes lalu mau berharap kepada siapa lagi ?
Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian .

Apabila teman-teman punya hal-hal yang menarik tentang Brebes silahkan langsung hubungi redaksi kami :


Previous
Next Post »