Gua Poleng "Gua Indoor Pertama di Jawa Tengah"

Gua merupakan sebuah lubang alami yang tidak bisa terlepas atau berdiri sendiri dari lingkungannya dab biasanya berada di dalam tanah, dinding tebing atau bawah laut. Menurut IUS (International Union Speleology) menjelaskan bahwa gua atau cave yaitu merupakan setiap ruang bawah tanah yang berbentuk lorong-lorong yang dapat ditelusuri atau dimasuki oleh manusia.  Gua merujuk pada terowongan alami yang terbentuk ke dalam bukit atau gunung yang disebabkan oleh erosi air atau sebagainya. Gua bisa jadi hanya beberapa meter ke dalam atau dapat menjalar sejauh ratusan kilometer dan terkadang sampai tembus ke pintu gua yang lain. Gua yang biasa di lihat di bagian atas tanah, tetapi kadang-kala ada gua yang menjalar sampai di bawah tanah, dan kadang-kala pula di bawah permukaan air, menyebabkan gua tersebut berisi air.
 
Gua Poleng
Gua dahulu hanya akan ditemukan di daerah yang memang sulit untuk di akses karena letaknya pada umumnya di daerah pedalaman. Namun dengan perkembangan zaman dan teknologi kini gua dapat dibuat oleh manusia, walaupun tidak sesempurna gua yang asli namun sudah bisa membuat kita memiliki sensasi berada di dalam gua.
Gua Poleng
Gua buatan di desain untuk para penikmat foto yang terkadang sulit untuk mengakses gua asli sehingga masih bisa foto di dalam gua karena akan menghasilkan gambar yang tidak beda jauh. Berbicara masalah gua buatan, di Kabupaten Brebes teradap gua buatan merupakan salah satu gua buatan pertama di Jawa Tengah. Lokasinya berada di Krent Studio Photo tepat belakang pendopo Brebes, jalan ustad abbas no 9 Kabupaten Brebes atau bisa lihat di Instagram krentstudiophoto atau facebook krent.

Gua buatan tersebut bernama Gua Poleng, hal ini karena lokasi gua tersebut berada di belakang pendopo Brebes yang dulunya merupakan tempat tinggal jaka poleng. Jaka poleng dengan nama asli Laksito, Laksito merupakan bekerja sebagai pemelihara kuda dari Bupati Brebes. Padaa suatu hari Laksito sedang istirahat di tengah sawah setelah lelah mencari rumput kemudian melihat ada ular berwarna poleng dan ada mahkota emasn di kepalanya, karena penasaran Laksito mengikuti ular tersebut, dan ular tersebut tiba-tiba berganti kulit. Setelah itu laksito membawa kulit ular tersebut pulang, dan pada saat di rumah orang di sekitar tidak ada yang melihat laksito tetapi setelah kulit ular tersebut diletakan di meja laksito muncul kembali. Melihat kejadian tersebut Bupati Brebes meminta kulit ular tersebut namun Lakstio menolaknya akhirnya terjadi perebutan kulit tersebut namun karena takut diminta Bupati akhirnya Laksito menelan kulit tersebut. Dengan sangat menyesal Bupati meminta maaf karena apabila tidak diminta Bupati maka Laksito tidak nekad untuk menelan kulit tersebut, akhirnya Bupati berpesan apada Laksito untuk menjaga masyarakat Brebes dan sampai sekarang Laksito dikenal dengan Jaka Poleng. Menurut cerita Jaka Poleng sampai sekarang masih berada di pendopo Kabupaten Brebes.
 
Gua Poleng
Gua Poleng merupakan salah satu gua buatan pertama di Jawa Tengah yang letaknya di dalam studio foto. Gua Poleng hadir untuk para penikmat foto yang ingin foto di gua tetapi sulit untuk menjangkau gua tersebut, kini para penikmat foto dapat berfoto ria di gua tersebut tanpa perlu bersusah payah untuk mencapai gua tersebut. Gua Poleng tersebut menjadi kebanggan dari Krent Studio Photo yang merupakan salah satu studio terbesar di Kabupaten Brebes dan kali ini memilki gua di dalam studio yang merupakan satu-satunya di Jawa Tengah. 

Gua Poleng
"Gua poleng hadir untuk memberikan sensasi yang berbeda untuk para penikmat photography di Jawa tengah, untuk mendapatkan gambar gua tanpa perlu harus ke pedalaman" ujar Gemilang sebagai manajer krent studio. Melalui gua poleng ini diharapkan sebagai menjadi kebangaan masyarakat Brebes yang mempunyai gua dalam ruangan pertama.  "Pengerjaan gua buatan ini dilakukan oleh art properti nasional yang sudah sering membuat gua buatan di film Indonesia" Ujar Manajer Krent Studio  Photo.

Menurut salah satu pengunjung Krent Studio Photo Bapak Makmur merasa puas karena dapat foto dalam gua tanpa harus bersusah payah ke pedalaman, dan beliau menuturkan walaupun ini gua buatan tetapi terlihat sangat nyata karena penataan yang sangat pas.
 
Gua Poleng
Previous
Next Post »