Monumen Juang 45 Proyek 2.45 Milyar

Brebesnesia.net- Monumen juang 45 atau sering disingkat Monju merupakan salah satu monumen yang berada di Kabupaten Brebes tepatnya di Jalan Cendana, Kota Baru- Brebes. Kawasan monumen juang 45 terdapat patung Ir. Soekarno sang proklamator, dengan adanya patung presiden pertama Indonesia diharapkan dapat mengingatkan kita perjuangan para pahlawan ketika harus perang melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia. Selain patung Ir Soekarno di Monumen Juang 45 juga terdapat diaroma atau miniatur tiga dimensi yang menggambarkan perjuangan masyarakat Brebes ketika mempertahankan daerahnya.

sumber : google
Di dalam monumen juga sedang digarap relief sisik yang menggambarkan perjuangan masyarakat Brebes dari jaman perang hingga saat ini, sehingga masyarkat dapat mengenang perjuangan pahlawan yang ada di Kabupaten Brebes. Selain monumen di kawasan ini juga terdapat taman, layar videotron, WC umum dll sehingga dapat menjadi alternatif masyarkat Brebes untuk berwisata. 

Patung Ir Soekarno
Patung Bambu
Bangunan monumen juang 45 menghabiskan dana sebesar 2.45 Milyar, sebagai pengingat masyarakat tentang perjuangan masyarakat Brebes melawan tentara Belanda di Jembatan sungai pemali. Monumen juang 45 merupakan pengganti dari Monumen yang berada di Alun-alun Brebes yang sekarang sudah dihancurkan.  Selain itu juga terdapat dana sebesar 200 juta untuk perawatan monumen juang 45.

Monumen juang 45
Komentar mimin :
Bagus memang monumen juang 45, tetapi alangkah lebih baik lagi patung yang duilu sudah ada di alun-alun tetap ada dan dilakukan perbaikan jangan dihancurkan, katanya harus ingat sama sejarah tetapi kenapa bangunan yang begitu bersejarahnya malah dihancurkan kemudian diganti dengan yang baru.  Mimin kadang sering lewat daerah monju tapi kalau pagi sampai sore tidak ada aktivitas yang dapat dikatakan sebagai wisata karena monumennya sendiri tertutup jadi masyarakat tidak bisa melihat relief yang ada di dalam monumen tersebut. Tapi secara keseluruhan memang bagus adanya monumen ini karena dapat menjadi tempat untuk masyarakat Brebes jalan-jalan tetapi perlu diperhatikan lagi keamanan dan fasilitasnya karena untuk perawatan sendiri sudah disediakan 200 juta jadi seharusnya bisa dimaksimalkan sebaik mungkin dana tersebut.

Denah lokasi Monumen Juang 45 Brebes

Lokasi monumen juang 45
Previous
Next Post »