Ukiran Bali dalam Studio di Brebes


Brebesnesia.net-Ukiran bali merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia, ukiran bali sudah ada sejak jaman kerajaan yang menandakan bahwa bidang kesenian dan budaya di Indonesia sudah maju dari zaman dahulu.Motif ukiran bali memiliki ciri khas yang beda dari ukiran-ukiran daerah lainnya yaitu motif daun, bungan dan bunga serta cenderung membentuk cembung atau cekung. Perpaduan antara motif cekung dan cembung pada ukiran bali membuatnya unik. Berikut akan kami jelaskan ciri-ciri khusus ukiran bali antara lain :

Gapura Bali 
Gapura Bali

1. Daun pokok, dari motif ukiran bali bersifat cembung di tengtah, pada bagian tengah atau bagian tertinggi daun pokokn dibuat pecahan.
2. Trubusan, pada ukiran bali terdapat trubusan yang merupakan daun semi dan mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan trubusan yang terdapat pada ragam hias atau motif pajajaran ataupun motif majapahit yang mempunyai bentuk puker.
3. Endhong, endhong pada motif ukiran bali sama halnya dengan motif pajajaran, mempunyai sifat pemanis dan pelengkap di daun pokok. Pecahan atau cawen yang terdapat pada motif memiliki bentuk lengkungan ganda
4. Ulir induk, Pada ukiran bali terdapat ciri khususn yaitu ujung dari pada benangan, dalam pelaksanaan dari benagangna ini mempunyai bentuk cekungan dan diakhiri dengan bentuk ulir hingga ulir tersebut menyerupai tanda koma.
5. Benangan, Motif ukir bali mempunyai bentuk benangan ulir dit tengah-tengah yang bersifat timbul sehingga dapat memunculkan dimensi yang menarik
6. Daung Sunggar, Daun sunggar yang terdapat di ukiran bali memilikin bentuk ikal mursal dan bersifat krawingan dengan tumbuh ulir pada sisi dalam daun tersebut.
7. Angkup, Pada ukiran bali angkup berbentung cembung, hal ini sama dengan motif pajajaran yang cenderung cembung.

Mengikuti perkembangan zaman ukiran-ukiran yang ada di Indonesia khusunya bali mengalami perubahan namun masih tetap mengikuti pakem-pakem yang sudah ada sehingga tidak meninggalkan estetika motif pajajaran, motif majapahit, dan motif-motif lainnya. Kita terkadang orang dari luar bali berkunjung ke bali karena ingin menikmati keindahan motif dari ukiran-ukiran di bali. Ukiran-ukiran ornamen di Bali menjadi daya terik sendiri untuk para turis mengabadaikan momennya. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi maka semuanya dapat dipermudah karena kita yang ingin mengabadikan momen seperti di bali dengan ukiran-ukiran khasnya tidak perlu datang ke Bali karena beberapa minggu ke depan di Brebes ada ukiran bali yang bisa menjadi spot foto yang menarik. Spot foto tersebut berada di Krent Studio Foto di Jalan Ustad Abbas no 09 (Belakang Pendopo Brebes). Berikut akan kami perlihatkan beberapa foto ukiran bali yang masih dalam tahap pembangunan.

Ukiran Bali

Ukiran Bali

Ukiran Bali

Ukiran Bali

Ukiran Bali

Ukiran Bali

Previous
Next Post »