7 Tips Mudik

Sumber GOOGLE

Brebesnesia.net- Sahabat Brebesnesia yang kami cintai, kali ini admin Brebesnesia akan berbagi sedikit tips untuk mudik di bulan ramadhan supaya nyaman dan aman. Lebaran merupakan salah satu moment dimana kita sebagai orang merayakan hari raya idul fitri akan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa di baca untuk membuat perjalanan mudik kita aman dan nyaman.

1. Pastikan tempat tinggal kita aman 
Hal yang pertama perlu kita pastikan adalah tempat kita yang akan ditinggal beberapa waktu harus aman dan dalam keadaan terkunci semua. Cobalah cek beberapa kali pintu rumah, jendela, dan sebelum benar-benar meninggalkan rumah. Pastikan pula keadaan kompor gas dirumah kita sudah dalam keadaan mati dan listrik yang kita nyalakan untuk lampu seperlunya saja. Sebelum pergi pamit ke tetangga terdekat rumah kita bahwa kita akan mudik sehingga tetangga tau bahwa keadaan rumah sedang kosong. 

2. Cek kondisi kendaraan kita apabila kita menggunakan kendaraan pribadi
Cek semua kondisi kendaran kita seperti oli, kampas rem, ketersediaan air, ban, keadaan mesin, bensin dll. Selain itu periksa juga perlengkapan seperti dongkrak, kunci pas, pompa serta sparepart cadangan yang sudah ada di kendaraan kita. Pastikan kendaraan kita dalam keadaan normal semua ketika akan digunakan mudik. Apabila ada yang kurang beres maka alangkah lebih baik dibawa ke bengkel terlebih dahulu.

3. Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok
Apabila kita mudik hindari untuk menggunakan perhiasan yang mencolok karena hal itu akan memancing perbuatan kejahatan seperti penjambretan ketika kita menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Pakailah perhiasan secukupnya dan sewajarnya.

4. Jangan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak kita kenal
Modus perampokan bermacam-macam oleh karena itu kita harus bisa menghindari hal tersebut dengan tidak menerima sesuatu makanan atau minuman dari orang yang tidak kita kenal. Alangkah lebih baiknya kita periksa keadaan makanan dan minuman tersebut apabila memang mau menerimanya. 

5. Jangan membawa uang tunai yang terlalu banyak jumlahnya
Ketika kita mudik bawa uang tunai secukupnya saja sesuai kebutuhan kita selama mudik di perjalanan. Paling tidak cukup untuk kebutuhan makan dan minum selama perjalanan serta jaga-jaga untuk kebutuhan mendesak. Kalaupun kurang kita bisa mengambilnya lagi di ATM terdekat. 

6. Jaga kondisi tubuh
Ketika kita mudik maka akan membutuhkan tenaga yang lebih selama perjalanan oleh karenanya kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita. Sebelum berangkat mudik kita alangkah lebih baik tidur cukup selama 6-7 jam. Ketika kita berpuasa maka ketika sahur minum vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh kita, apabila memang tidak sanggup untuk berpuasa maka jangan memaksakan untuk berpuasa. Jika memang mengantuk maka istirahatlah langsung di tempat istirahat terdekat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

7. Mempunyai kampung halaman
Hal terakhir yang tidak kalah penting, kita sebagai pemudik yang akan mudik ke kampung halaman pastikan memiliki kampung halaman sebagai tempat kita mudik, jangan sampai kita malah bingung mau mudik ke mana karena tidak punya kampung halaman. he he he..

Terimakasih.


Sumber : GOOGLE

Previous
Next Post »