Pemuda Asal Brebes Berhasil Membuat Kompos Dalam Waktu Satu Hari

Brebesnesia.net - Kompos merupakan hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang sangan lembab, dan aerobik atau anerobik (J.H Crawford, 2013). Sedangkan pengomposan merupakan sebuah proses dimana bahan organik mengalami penguraian secara biologis khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagi sumber energi.

Formula MSG 3
Bahan untuk membuat kompos bermacam-macam mulai dari kotoran ternak, dedaunan, sampah organik dan lainnya sebagainya. Dalam Membuat kompos pada umumnya membutuhkan waktu paling cepat sekitar 2 minggu sampai 4 minggu hal ini dikarena proses penguraian bakteri yang cukup lama.  Proses pembuatan tersebut membutuhkan tempat yang lembab dan tertutup supaya bakteri dapat bekerja dengan baik.

Tim Brebesnesia berkesempatan dapat bertemu dengan Maulana Surya Gemilang untuk melakukan wawancara dan mengenali lebih dalam sosok pemuda berpotensi asal Brebes. Pada tahun  2014 Pemuda asal Brebes yang bernama Maulana Surya Gemilang bersama Ayahnya bernama Triyono Heri Susanto berhasil menemukan sebuah formula untuk membuat kompos dalam waktu 1 hari. Hal tersebut merupakan sebuah terobosan yang sangat spektakuler di dunia pertanian dan limbah karena dapat mengolah limbah dalam waktu singkat. Melalui pembuatan kompos dalam waktu satu hari maka dapat mengolah limbah di hari yang sama sehingga tidak ada penumpukan limbah. Penemuan tersebut diberi nama dengan Formula MSG 3 yang dapat membuat kompos dalam waktu satu hari dan dapat mengusir lalat serta menghilangkan bau.

Menurut mahasiswa lulusan S1 Agribisnis di Institut Pertanian Bogor (IPB) itu, Formula MSG3 buatanya merupakan formula mutakhir dan digadang-gadang merupakan formula pencipta kompos pertama di Indonesia yang dapat memangkas waktu pembuatan, sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. 

Hasil Pengomposan
Menurut maulana , pemuda asal saditan Brebes mengatakan bahwa penggunaan formula MSG 3 di dunia pertanian, peternakan dan penanganan sampah kota sangat efisien dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Karena melalui produk ini kita dapat mengolah limbah dalam waktu singkat dan dapat meningkatkan nilai tambah dari limbah tersebut. Limbah yang ada saat ini jumlahnya sudah puluhan ton bahkan ratusan ton untuk setiap kotanya dalam satu hari, apabila kita dapat memanfaatkan limbah ini maka secara langsung kita dapat mengurangi limbah yang ada. 

Formula MSG 3 terdiri dari dua bahan utama yaitu Laktobio dan Suplemen yang nantinya dicampur dengan air kapur. Satu paket formula MSG 3 dapat digunakan untuk pembuatan sebanyak 2000kg kompos, dan aplikasinya cukup mudah hanya disemprotkan sembari dijemur di bawah sinar matahari, karena proses pengomposan tersebut terjadi apabila ada udara dan sinar matahari. 

Menurut Maulana , formula MSG 3 sudah dipasarkan hampir ke seluruh Indonesia dan digunakan untuk pengolahan limbah pertanian, peternakan, dan pengolahan limbah kota. Formula MSG 3 juga pernah diikutkan untuk lomba peternakan Brebes untuk manajemen kandang dan mendapatkan juara 1 nasional, untuk mengolah limbah kota yang berada di tempat penampungan sampah Brebes, mengusir lalat di tempat penampungan sampah Brebes, mengelolah limbah ratusan ternak sapi di Depok dan lain sebagainya.

Maulana Surya Gemilang
"Pembuatan kompos dengan formula MSG 3 selain cepat dan hasilnya pun sudah sesuai dengan kompos standar nasional" Tutur Maulana pada saat ditemui di kediamannya di saditan Brebes. Untuk menciptakan kompos, dikatakan Alan cara mengolahnya tergolong mudah, pertama siapkan 200 liter air bersih lalu campur dengan 2,5 kg kapur. Kemudian, diamkan air hingga kapur mengendap lalu tambahkan 100 gram Formula MSG 3.  Komposisi tersebut untuk menghasilkan 2 ton kompos. Jemur kotoran sapi atau limbah rumah tanggas etinggi 10 cm di bawahterik matahari, lalu siramkan cairan tersebut secara merata, diamkan lalu aduk tiap 4 jam sekali. 
“Kalau mataharinya lagi panas di jemur pagi, sorenya sudah jadi. Tanda-tanda kompos sudah jadi kalau adonan sudah tidak mengeluarkan bau dan teksturnya sudah berubah jadi seperti tanah. Kalau sudah jadi komposnya bisa langsung digunakan,”Jelas Maulana.

Maulana Surya Gemilang bersama sang ayah
Menurut Maulana yang mempunyai impian bahwa nantinya limbah yang ada di seluruh dunia dapat dikelola dengan baik dan dapat bermanfaat untuk sekitar, salah satunya menggunakan Formula MSG 3. Selain itu juga Maulana sangat terbuka ketika ada orang atau organisasi yang mengajak untuk bekerjasama dalam penanganan limbah karena sesuai dengan tagline dari perusahaan Maulana Says Green 3 milik Maulana yaitu "Memperpanjang Usia Bumi".
Bagi rekan-rekan Brebesnesia yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut atau ingin mengajak kerjasama dengan maulana dapat menghubungi melalui email : agribisnismsg@gmail.com, facebook : Maulana Says Green 3.  Atau datang ke alamat : jalan ade irma suryani no 14 gang buntu saditan Brebes.
website : www.agribisnismsg3.com (Klik disini)
Previous
Next Post »