Safari Masigab (Majelis Silahturahmi Warga Brebes) di Kabupaten Brebes



Safari Masigab (Majelis Silahturahmi Warga Brebes) di Kabupaten Brebes 

Masigab merupakan organisasi yang bersifat kekeluargaan dan kemitraan sebagai wadah silahturahmi antar sesama warga se Kabupaten Brebes dalam rangka memajukan pembangungan masyarakan Kabupaten Brebes. Masigab adalah organisasi kemasyarakatan yang independen yang tidak menjalin hubungan dengan organisasi politik manapun. Dalam Proker Masigab pada tahun 2019 yaitu salah satunya pengembangan Taman Baca Masyarakat (TBM) melalui bentuk pelatihan dan study banding ke TBM yang berada di Kabupaten lain selain itu juga memiliki program peningkatan UMKM di Kabupaten Brebes yang bekerjasama dengan Dirjen Pajak, serta gerakan peduli pendidikan. 

Pada tanggal 12 januari 2019 Ketua masigab beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Brebes tepatnya di Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Sigambir Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes untuk melihat kegiatan perlombaan tingkat paud, TK/TA, dan SD/Mi sederajat yang teridir dari tiga kategori lomba yaitu Lomba mewarnai, Lomba baca puisi, dan Lomba Tahfidz Qur’an. 

Kegiatan perlombaan tersebut diikuti oleh sekitar 172 perserta dari masing-masing sekolah dengan lomba mewarnai 80 peserta, lomba baca puisi 32 peserta dan lomba tahfidz qur’an 60 peserta. Peserta tidak hanya dari Kabupaten Brebes tetpai juga diikuti peserta dari daerah Tegal dan Slawi. 

Ketua panitia, Slamet Ade mengatakan “kami tidak mengira kegiatan yang pertama kali ini kami buat, banyak sekolah yang antusias mengikuti dan diluar perkiraan kami peserta membludak”. Dengan adanya lomba ini dapat memperkenalkan TBM ke pada masyrakat luas, khususnya Desa Sigambir. 

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum Masigab, Toto Carto “Alhamdulillah kami bisa menyempatkan hadir di acara yang sangat luar biasa ini dan kami dari Masigab sangat mendukung program yang dicanangkan pemerintah tentang literasi sehingga kami mendukung Brebes menuju daerah literasi dengan akan mendirikan beberapa TBM di beberapa desa termasuk mendukung kegiatan perlombaan di Sigambir ini,” 

Setelah selesai acara tersebut rombongan dari Masigab berkunjung ke Cafe Milk 3, Cafe Milk 3 merupakan sebuah cafe di Brebes milik salah seorang pemuda asli Brebes yaitu Maulana Surya Gemilang yang berada di Jalan taman siswa ruko grand nirwana residence (depan menara air PDAM Brebes). Cafe tersebut menyediakan fasilitas perpustakaan kecil guna meningkatkan minat baca masyarakat Brebes, walaupun masih berbentuk perpustakaan mini setidaknya bisa memberi gambaran ke pengunjung bahwa membaca itu penting. 

Selain berkunjung ke Cafe Milk 3, Masigab beserta rombongan juga melalukan rapat bersama salah satu perwakilan UMKM Brebes, Perwakilan Brebesnesia dan Wakil Rektor I UMUS Bapak Drs. Mukson, M.M. Dalam rapat tersebut dihasilkan bahwa akan saling bersinergi dalam peningkatan UMKM melalui pelatihan-pelatihan yang akan bekerjasama dengan Dirjen Pajak. 

Perwakilan UMKM menuturkan bahwa hal yang saat ini dibutuhkan untuk UMKM Kabupaten Brebes adalah pelatihan terkait hal produksi dan pengemasan. Harapannya dengan adanya pelatihan maka akan meningkatkan nilai tambah dari produk UMKM tersebut. Bapak Mukson selaku perwakilan UMUS juga sangat mendukung kegiatan tersebut, dan beliau menyampaikan UMUS bersedia menyediakan tempat untuk kegiatan pelathian UMKM di Kabupaten Brebes. Brebesnesia dalam hal media juga akan mempubilkasikan kegiatan pelatihan-pelatihan tersebut sehingga masyarkat umum dapat mengikuti pelatihan tersebut yang akan diadakan secara gratis.
Previous
Next Post »