Dana Bantuan Pendidikan Untuk Siswa Miskin Diberhentikan Sejak Januari 2017

Brebesnesia.net- Bantuan pendidikan siswa miskin dari Brebes diberhentikan sejak januari 2017 alhasil siswa harus mebayar sendiri tunggakan uang komite sampai bulan September 2017. Dan mirisnya yang menunggak uang komite tidak dapat mengikuti ujian tengah semester dalam bulan ini.

Program dari pemkab tersebut sudah dijalankan dari tahun 2015 diperuntukan untuk siswa SD hingga SMA/SMK. Penyaluran bantuan melalui Kartu Brebes Cerdas, sehingga hanya pemegang kartu tersebut yang dapat menerima bantuan dari Pemkab Brebes.


Sumber : detik
Namun pada kenyataanya, bantuan ini hanya berjalan selama dua tahun dan mulai Januari 2017 sudah berhenti tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke pemegang Kartu Brebes Cerdas. Sehingga banyak wali murid yang kaget ketiga pihak sekolah menagih uang komite dari Januari sampai September 2017. 

Menurut Winarto (54) mengatakan bahwa anaknya memegang kartu brebes cerdas dan pada tahun lalu tidak dipungtu biaya naun menjelang UTS anaknya ditagih uang iuran komite selama 9 bulan. Winarto mengaku terpaksa mengangsur pembayaran iuran bulanan selama 3 bulan karena sebagai persayaratan mengikuti ulangan harian bersama.  

Salah seorang murid SMA pemegan KCB mengatakan bahwa khawatir nantinya tidak dapat mengikuti ulangan harian dan UTS dikarenakan apabila belum melunasi uang komite maka tidak mendapatkan kartu ujian. 

Menurut Plh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Diding Setiadi beliau tidak mengetahui bahwa program KBC telah berhenti karena beliau mengaku hanya sebagai pelaksana harian.

Sedangkan pihak dinas dari Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes , Wijanarto membenarkan soal berhentinya program KBC oleh Pemkab Brebes, dikarenakan adanya efisiensi anggaran daerah.  Program tersebut sudah berhenti sejak tahun 2017 dan tidak ada sosialisasi sehingga banyak pemegang KBC menyangka bahwa prorgam ini masih jalan.


Pendapat Brebesnesia :
Efisiensi anggaran memang bagus, sangat amat bagus karena kita bisa menghemat, tetapi perlu di tinjau lagi ini mengenai pendidikan hal yang krusial kalau memang mau diberhentikan seharusnya ada pemberitahuan terlebih dahulu sehingga pemegang kartu KBC juga bisa berjaga-jaga. Kalaupun memang efisiensi anggaran apakah masyarakat boleh mengetahui bentuk efisiensinya bagaimana?.

Previous
Next Post »