Hanya untuk SMA, Dana Bantuan Pendidikan Tetap Berlanjut

Brebesnesia.net-Program bantuan pendidikan daerah Brebes bagi pemegang Kartu Brebes Cerdas (KBC) tetap berlanjut pada tahun ini tetapi hanya diperuntukan untuk siswa-siswa SMA/SMK saja.

Pernyataan ini membuat lega bagi sebagian siswa-siswa SMA/SMK di Brebes yang sebentar lagi mengahadapi ulangan tengah semester dan terancam tidak bisa mengikuti ujian apabila masih menunggak iuran komite sekolah.

Sumber google
Menurut Idza Priyanti Bupati Brebes menyatakan bahwa program ini sudah ada sejak tahun 2015 dan pada tahun 2016 kebijakan ini diteruskan namun dengan sasaran anak SMA/SMK yang tidak mampu agar tetap melanjutkan hingga lulus. Menurut beliau hal ini sejalan dengan program wajib belajar 12 tahun maka pemkab menyediakan anggaran bantuan bagi yang tidak mampu. 

Bantuan yang diberikan Pemkab Brebes sebesar Rp. 600.000 dan pada tahun 2016 tercatat sebanyak 21.666 siswa SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. 

Namun pada tahun 2017 Pemkab berniat untuk melanjutkan program tersebut dengan mengajukan anggaran ke DPRD, tetapi karena ada efisiensi anggaran maka dana bantuan yang tadinya Rp. 600.000 sekarang berkuang hanya Rp. 300.000.

Menjawab kekhawatiran siswa pemegang KBC karena belum menerima bantuan sehingga harus membayar sendiri iuran bulan, Dia menjelaskan anggaran yang tadinya masuk anggaran murni bergeser ke anggaran perubahan sambil menunggu validasi data dan tambahan kuota penerima dari dinas terkait.

Pendapat Brebebsnesia :
Syukurlah kalau memang tetap berlanjut bantuan dana pendidikan tersebut, tetapi kenapa cuma SMA/SMK saja dengan alasan karena program wajib belajar 12 tahun. Jadi begini itu wajib belajar 12 tahun kan dimulai dari SD lalu SMP terus baru SMA/SMK lalu kalau misal yang SD atau SMP tidak mampu itu bagaimana bu ? kan tidak ujug-ujug sekolah langsung masuk SMA ya.. Semoga bisa ketemu jalan keluarnya. Semangat terus buat yang terhormat Ibu Idza Priyanti :) 
Previous
Next Post »